08 December 2015 | Berita

Pendampingan BPPT Di Technopark Pelalawan, Bappenas: Kami Dorong Agar Cepat Berjalan

Besarnya manfaat dari inovasi, dirasakan betul oleh Kabupaten Pelalawan. Dengan Sistem Inovasi Daerah atau SIDA, menjadikan fokus pembangunan di Kabupaten Pelalawan lebih jelas dan terarah. Hal tersebut dikemukakan Bupati Pelalawan, HM Harris saat membuka acara Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Quick Win Technopark, di Pangkalan Kerinci, Rabu (18/11).


Dirinya memaparkan, sejak 2012 bersama dengan BPPT, Kabupaten Pelalawan telah menyiapkan suatu kawasan terpadu yang dikhususkan untuk kegiatan inovasi dan teknologi.

 


"Saat itu kami namakan Kawasan Teknopolitan. Kawasan terpadu yang mengumpulkan para peneliti, akademisi, dan pebisnis yang bergerak dalam pengembangan inovasi teknologi. Sekarang, program pemerintah mencanangkan adanya pembangunan Technopark yang tujuannya sama dengan Teknopolitan. Jadi pendampingan yang dilakukan BPPT kepada kami, jauh sebelum adanya program nasional, sangatlah tepat", jelas Harris.


Menurutnya juga, dalam memajukan daerah, sebuah kabupaten tidak bisa melakukannya sendiri. Perlu adanya arahan dan pendampingan dari pihak lain, agar potensi yang ada bisa dikembangkan secara maksimal. Dengan saling mengisi, Harris pun yakin, peluang Kabupaten Pelalawan menjadi daerah maju dan mandiri akan cepat diraih.


Sementara itu, Noor Arifin Muhammad, Kepala Sub Direktorat Iptek Bappenas, menyampaikan bahwa membangun suatu kawasan terpadu memang tidak mudah. Perlu adanya rencana yang matang dan fokus agar kawasan terpadu di Pelalawan dapat cepat diselesaikan.


"Demand survey untuk cari investor di Pelalawan perlu dilakukan secara benar agar roda perekonomian masyarakat cepat bergerak. Bappenas harapkan di tahun 2019 nanti, sudah ada beberapa target yang berjalan. Agar hasil dari Technopark betul-betul nyata," terang Noor. (humas)

Berita Terkait

Panen Air Hujan Solusi Jitu Cegah Genangan Air di Musim HujanManfaatkan Energi Panas Bumi BPPT Dampingi PT Hitay Panas Energy Eksplorasi Gunung Kembar AcehPTPSM Akan Kembali Beroperasi dan MengeksporPTPSM Setor ke Negara Rp1,517 Triliun Semester I 2015Jual Susu Kedelai - Usaha Kecil Yang MenjanjikanTotal Plant Shutdown Terpanjang Selama 2015PTPSM umumkan 100 orang penerima Bantuan Peningkatan PrestasiMega Build Expo 2014Media Partner BaruKONSEP TVC TERBARUPertemuan Tahun Ke-5Indobuildtech 2011 - Jakarta Convention CenterTV Commercial PerdanaPertemuan Shunda Tahun Ke-3Indobuildtech 2010 - Jakarta Convention CenterIndobuildtech 2009 - Jakarta Convention CenterIndobuildtech 2008 - Jakarta Convention Center